Senin, 11 Juli 2011

MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional Sepi Penonton

Nampak kursi yang kosong di sisi selatan  panggung utama pada
pelaksanaan MTQMN XII di kampus UMI Makassar (11/7).
Memasuki arena pelaksanaan MTQMN XII, pengunjung akan disuguhi oleh bias lampu sorot yang sengaja dipasang di atas kubah tempat peserta tilawatil qur'an menunjukkan aksinya. Cahaya lampu hias yang merayapi Masjid Umar bin Khattab malam itu menjadi pendamping setia lampu sorot yang dari tadi seolah memanggil-manggil warga Makassar untuk hadir diasal mula cahaya itu sebagai pertanda spot perhelatan akbar itu dilaksanakan.  Namun pengunjung yang tiba di lokasi MTQMN bisa jadi akan merasa asing. Bukan karena tak seorang pun yang ia kenal, melainkan karena sepinya orang yang datang menghampiri kursi-kursi lipat yang disiapkan penyelenggara sebagai tempat melabuhkan badan sembari menatap aksi pemuda-pemuda religius malam itu. Bahkan hingga malam ke dua pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa tingkat Nasional (MTQMN) XII masih nampak sepi pengunjung. Nampak dari ribuan kursi yang disiapkan oleh panitia namun hanya terisi ratusan saja. Sehingga pengunjung yang hadir untuk menonton ajang adu baca Qur'an itu bisa memilih dimana tempat ia duduk dengan bebas.
Selain itu lalu lalang pengunjung di lapak-lapak yang menjajakan souvenir dan makanan di arena MTQMN itu juga hanya puluhan orang saja. Berdasarkan pantauan MJ di arena MTQMN ke dua belas itu, lomba Tilawatil Qur’an dimulai pada pukul 20.15 tadi malam dan berakhir hingga pukul 23.00 wita. Sejak dimulai hingga akhir lomba, kursi yang terisi hanya pada sisi utara panggung utama saja yang nampak terisi dengan penonton yang mayoritas dari anggota kafilah dari perguruan tinggi yang juga ikut ambil bagian pada event nasional yang di gelar di kampus UMI Makassar. Kegiatan tersebut berlangsung sejak tanggal 10 hingga 15 juli 2011.
Tampak depan panggung utama tempat pelaksanaan MTQMN XII di kampus UMI Makassar (11/7).

Tampak dari salah satu sisi panggung utama tempat pelaksanaan MTQMN XII di kampus UMI Makassar (11/7).

Nampak kursi yang kosong di sisi selatan  panggung utama pada pelaksanaan MTQMN XII di kampus UMI Makassar (11/7).
Nampak kursi yang kosong di sisi selatan  panggung utama pada pelaksanaan MTQMN XII di kampus UMI Makassar (11/7).
Cahaya lampu yang menyinari pelaksanaan MTQMN XII di kampus UMI Makassar (11/7).
Nampak penonton yang hadir sedang mengabadikan gambar dan suara  peserta lomba tilawatil qur'an  pada MTQMN XII yang digelar di halaman Kampus Universitas Muslim Indonesia (11/7).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar